… di sudut kota mati itu, aku bertemu dengan sales mobil, sebut saja namanya Miko. waktu itu aku sedang melihat harga mobil Avanza, mobil itu hendak di pakai buat start up sebuh travel, sebut saja mananya toba travel. Sampai sekarang saya nga tau apa di pikiran sales itu. dan untuk saat ini saya tidak mau berandai-andai. tetapi seingatku dia sama sekali tidak berniat melayani, menjawab pertanyaan seadanya. padahal saya datang dengan cukup rapi, kemeja, pakaian pulang kerja lebih tepatnya.

… di sudut kota kreatif, aku juga pernah bertemu dengan sales mobil, sebut saja Mika, waktu itu aku sedang mencari sebuah mobil rush untuk saudara. saya juga nga tau apa di pikiran Mika, tetapi dia sangat niat menjelaskan tentang mobil itu. padahal saya datang setelah bangun tanpa mandi, pakai celana pendek, plus jaket himpunan yang sedikit berubah warna, jadi merah kehitam hitaman. saya yakin dia tidak pernah berpikir bahwa saya tidak bisa membeli mobil. dengan pelayanannya, saya lebih yakin bahwa dia mengira saya benar benar akan membeli rush itu, entah untuk pribadi atau keluarga.

***
… dalam sebuah cerita di new york, ada seorang sales yang cukup terkenal, sebut saja “donal”. ceritanya, donal ini memperlakukan setiap pelanggannya sama, bahkan ketika ada anak sd yang mencari mobil ford, dia yakin malamnya akan membawa orang tuanya membeli mobil. jadi dia akan melayani dengan sunguh sungguh. itu yang membuat dia berbeda, bahkan ada banyak pelanggannya dari penjuru yang jauh. dan tidak hanya itu, setelah deal dengan pelanggan, beberapa hari kemudian dia akan menelepon pembelinya, apakah puas dengan mobil itu. dan jika ada yang tidak jadi membeli mobilnya, dia akan menelepon sekedar bertanya kabar.
***

Mika, Miko, dan Donal, mereka sama sama sales. tetapi bagaimana dengan rezeki mereka? bagaimana dengan kepuasan pelanggan mereka? jika anda hendak membeli mobil, anda akan menemui sales yang mana? bisa jadi pertanyaan2 itu sesuatu yang berhubugan.

tetapi terlepas dari itu, seandanya mobil itu ada di hadapan kita masing masing. siapa yang berada di sebelah kiri kursi kemudinya? ehheheh *namanya juga jam 2.25 pagi 🙂

